Kamis, 20 Mei 2010

masalah Acer 4530 tidak bisa diinstal windows XP



kali ini saya ingin sharing pengalaman pribadi saya,, saat ini saya menggunakan laptop jenis acer 4530 sebagai alat untuk browsing dan melakukan kegiatan online lainnya, namun suatu ketika saat windows saya mengalami crash pada OS windows XP nya saya mencoba menginsta ulang sendiri.


mencobamenginstal ulang laptop saya dengan OS yang ama yaitu windows saya mengalami kegagalan saat setupnya, berkali-kali saya mencobanya namun saat ampai di setup filenya laptop acer saya tiba-tiba mati sendiri sewaktu kondisi setupnya...

saya pun mengiri CD windows saya mengalami kerusakan ???? namun akhirnya saya meminjam CD windows teman saya tetap tidak mau juga.. setelah pusing mencoba berkali-kali saya mencoba mencari masalahnya melalui mbah google, namun di google sendiri saya tidak menemukan jawaban yang memuaskan,, semuanya menyuruh saya untuk mengubah setingan BIOS dilaptop dari ACHI menjadi IDE ..
namun cara ini tidak berpengaruh tetap pada laptop saya,, akhirnya saya mencoba menganalisa kerusakan windows saya melalui banyak refrensi dari internet, ternyata CD windows saat ini banyak yang tidak bisa mendeteksi harddisk sata yang digunakan oleh acer 4530 , karena harddisk acer 4530 adalah harddisk sata maka windows tidak dapat memasukan datanya kedalam harddisk dan saat setupnya menjadi terhenti dikarnakan proses pemasukan filenya tidak bisa berjalan lancar,, maka dari itu saya mencoba dengan cara ini..
1. Download aplikasi nlite di nlite.com
2. Lalu sediakan ato copy isi cd windows xp d harddisk
3. Download net.framework 2.0, karna tanpa ini nlite tdk bisa brjalan.
4. Skrng jalankan aplikasi nlite, pilih browse tempat isi cd windows yg d copy k harddisk tadi.
5. Lalu pilih menu driver dan bootable cd, pd driver pilih driver tunggal lalu cari file driver berekstensi .inf d cd driver laptop anda.
6. Lalu burn langsung ke cd kosong.
Skrng anda tlah memiliki cd windows xp yg dpt mendeteksi harddisk sata laptop anda.
Cara penginstalan:
1. Restart komputer, lalu pd layar merk bios tekan tombol delete
2. Pilih menu boot first pada cd-room
3. Tekan f10 lalu enter
4. Komputer akan restart lagi, lalu nanti akan muncul tulisan press any key. . . . Tekan sembarang tombol
5. Lalu akan msuk k layar biru windows xp, d sna anda tinggal mengatur d mana anda instal sistem operasinya (biasanya di c).
D=utk menghapus isi partisi
C=utk membuat partisi baru
L=utk menghapus semua isi partisi
R=utk memperbaiki
F3=utk keluar
enter=utk setuju.
Smoga anda mengerti dan bisa dgn mencobanya sendiri, karna dgn sering berlatih anda akan menguasainya. .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger