Minggu, 23 Mei 2010

Berselancar diinternet dengan modem O2


Modem HSDPA kini bukan lagi barang wah, karena beberapa waktu lalu sudah di-launching modem dengan fasilitas GPS dari beberapa merek modem terkenal dengan harga murah. Di beberapa kios penjualan komputer dan elektronik.



Modem dengan merek 02 ini kini dibanderol bervariasi antara Rp600 ribu hingga Rp650 ribu. Beberapa waktu lalu harga modem internet menjulang karena masih langka. Tapi kini keadaan berbalik, harga-harga modem internet turun, bahkan dengan teknologi yang lebih canggih.

Marketing Smart Computer, Fatmawati Kadir mengatakan, keunggulan modem HSUPA karena mengkombinasikan kecepatan downlink HSDPA yang mencapai 7,2 Mbps dan kecepatan uplink HSUPA yang mencapai 2,1 Mbps, jauh lebih baik dibanding kecepatan uplink koneksi 3G dan HSDPA pada umumnya yang mempunyai kecepatan 3,6 Mbps dan uplink 384 kbps.

Keunggulan yang diberikan teknologi HSUPA ini akan sangat bermanfaat pada layanan atau aplikasi yang membutuhkan kinerja uplink data yang andal, seperti untuk keperluan online gaming, video streaming, file upload pada email atau ke website. Selain itu, HSUPA akan mengurangi latency transfer data.

"Modem USB ini bisa dibawa-bawa ke mana saja kita pergi. Begitu ingin konek ke internet kapan saja dan di mana saja langsung tancap ke laptop, asalkan ada jaringan dari provider mobile internet," kata Fatma. Kelebihan kedua, kata dia, sekarang ini sudah banyak provider seluler yang menawarkan koneksi wireless internet berkecepatan tinggi.

Sebut saja Telkomsel Flash dan Indosat IM2 yang menyediakan paket unlimited dengan tarif yang relatif terjangkau. Belum lagi operator lain yang menjual koneksinya per kilobyte, seperti AXIS, XL, IM3, Mentari, Simpati dan bolo-bolonya.

Semakin banyak alternatif maka memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menentukan pilihan terbaik. Koneksi operator A jelek bisa pindah ke operator B. Kalau dua-duanya busuk pindah ke operator yang lain lagi. Tapi kalau mau pindah-pindah begini syaratnya harus menggunakan modem USB yang unlocked. Jangan beli yang bundling karena biasanya locked alias terkunci, hanya bisa digunakan untuk satu operator saja.

"Kelebihan lain karena modem USB ini bisa konek ke internet selama berjam-jam. Saya sendiri sudah membuktikan, rata-rata modem USB," ungkapnya. Salah satu kelemahan yang paling menonjol adalah kecepatan koneksinya yang sangat bergantung kepada besar-kecilnya sinyal dari operator.

Tergantung jenis sinyalnya juga. Kalau pas dapat sinyal HSDPA, 3G atau UMTS rasanya baru diklik langsung masuk. Tapi kalau dapat sinyal GPRS lemah, jangan terlalu berharap banyak. Jangankan buka Youtube, loading google saja susah.

Kelemahan lain adalah kurang praktis jika dibandingkan dengan modem PCMCIA dan Express Card yang built-in atau bisa ditancapkan ke slot internal. Namanya juga USB, maka sudah pasti external. Namun demikian kondisi ini tidak begitu masalah karena bentuk fisik modem USB kebanyakan juga tidak terlalu bongsor. Masih kalah besar dibandingkan mouse.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger