Sabtu, 27 Juni 2009

Sejarah internet


Tahun 1964
dalam karya ilmiah yang berjudul "on distributed communication",paul baran meletakan dasar-dasar teoritis dari internet .
Tahun 1969
AS melakukan riset besar untuk pertama kalinya : Arpanet muncul online .jaringan ini masih menghubungkan 4 lembaga riset satu sama lain .
Tahun 1978
Diperkenalkan protokol IPv4 yang masih digunakan hingga saat ini. dengan protokol ini,komputer dapat diidentifikasi berdasarkan alamat IP.
Tahun 1984
Pada 2 agustus 1984 , platron amerika CSNET mengirim pesan teks pertama ke jerman.penerimanya adalah ahli informatika Werner Zorn dari universitas Karlsurhe.
Tahun 1988
Mahasiswa finlandia jarkko Oikarinen menyampaikan ide chatting di internet .sistem pertama muncul pada tahun 1981 dalam jaringan komputer BITNET .
Tahun 1989
ISDN menjadi highlight pada CeBIT.pengiriman data 64 Kbit/s memerlukan biaya sebesar 75 D-Mark.
ahli informatika asal inggris tim berners-Lee merupakan penemu dari internet modern . ia mengembangkan HTML , layanan World wide web dan web server pertama .
Tahun 1990
Internet dibuka , jaringan arpanet yang semakin usang akhirnya overload dan di nonaktifkan NSF-NET (national science foundation)mengambil alih jaringan ini dan pertama kalinya internet membuka kegiatan komersil.
Tahun 1994
Netscape navigator adalah browser berbasis pada mosaic ini menawarkan beragam kemudahan untuk browsing di internet dalam sethun menjadi product yang mendominasi.
Tahun 1995
Toko pertama diakses online antara lain toko buku online amazon yang saat itu masih kecil.sekarang perusahaan itu menghasilkan omset sebesar 15miliar dolar AS.
Tahum 1998
internet sudah diramaikan oleh beberapa mesin pencari , antara lain yahoo danalta vista , kemudian google muncul dan sekarang menjadi merek termahal didunia.
Tahun 1999
pemburu barang murah dan private seller bertemu diinternet . eBay online di jerman , perusahaan ini mengambil alih rumah lelang alando.
Tahun 2001
filesharing mulai diminati .jum;ah pengguna pada bursa pertukaran file napster mencapai 60 juta.gugatan hukum pertama menghancurkan dan layanan ini ditutup.
Tahun 2004
online game warcraft memunculkan game online dan menjadi game yang diminati sampai sekarang.
Tahun 2007
Apple iphone pertama kali menunjukan bahwa surfing di ponsel juga menyenangkan . produser lain mengikuti dan hingga kini menjadi trend.
Tahun 2010
masa depan nanti mungkin Tv dapat online keseluruh dunia.......

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger